Dzeko Mendarat di Juventus, Cristiano Ronaldo Teringat Karim Benzema?


TURIN – Juventus dalam waktu dekat akan mendatangkan penyerang AS Roma, Edin Dzeko. Paling lambat, penyerang 34 tahun itu akan mendarat di Stadion Allianz pada akhir bulan ini.

Kenapa Dzeko yang dibidik Juventus? Secara gaya permainan, Dzeko sesuai kriteria yang diinginkan pelatih Juventus, Andrea Pirlo. Pelatih 41 tahun itu mencari penyerang yang piawai membuka ruang bagi pemain lain.

Edin Dzeko

(Dzeko segera gabung Juventus)

Gaya permainan itu otomatis mengingatkan Cristiano Ronaldo ketika membela Real Madrid. Di periode pertama menangani Real Madrid, Zinedine Zidane, akrab menggunakan pola 4-3-1-2.

Dalam pola tersebut, Isco Alarcon ditugaskan sebagai playmaker, mendukung duet Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema. Siapa yang tidak kenal Benzema? Sebelum Zidane datang di periode pertama, Benzema dikenal sebagai penyerang ulung.

Koleksi golnya bersama Madrid hampir selalu menembus 20 gol di setiap musimnya. Namun, ketika Zidane datang, tugas mencetak gol tidak lagi menjadi tugas utama penyerang berpaspor Prancis tersebut. Benzema kemudian ditugaskan menjadi pelayan Ronaldo.

BACA JUGA: Menanti Duet Cristiano Ronaldo di Lini Depan Juventus

Benzema bertugas membuka ruang yang fungsinya merusak konsentrasi pemain belakang lawan. Di saat yang bersamaan, Cristiano Ronaldo yang masuk dari lini kedua ditugaskan untuk merobek gawang lawan.

Perpaduan di atas itu yang membuat koleksi gol Cristiano Ronaldo bersama Real Madrid tidak pernah di bawah 40 gol di setiap musimnya. Ujung-ujungnya, gelar top skor pun akrab dengan Ronaldo.

Cristiano Ronaldo

(Ronaldo dan Benzema, duet mematikan milik Real Madrid dari 2009-2018)

Selama sembilan musim (2009-2018) membela Madrid, Cristiano Ronaldo tiga kali menjadi top skor Liga Spanyol dan enam kali keluar sebagai top skor Liga Champions. Status top skor itu yang belum disabet Cristiano Ronaldo di dua musim awal membela Juventus.

Mandeknya gol Cristiano Ronaldo di Juventus karena tak memiliki tandem seperti Benzema? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Karena itulah, nama Dzeko coba didatangkan Juventus pada bursa transfer musim panas 2020.

Soal memberi assist atau membuka ruang bagi rekan-rekannya, Dzeko cukup berpengalaman. Musim lalu bersama AS Roma, eks penyerang Manchester City itu mengemas 14 assist. Karena itu, menarik menanti kombinasi Cristiano Ronaldo dan Dzeko di lini depan Juventus.