Penuh Drama, Milan Akhirnya Menang atas Torino Melalui Babak Adu Penalti


MILAN – AC Milan memastikan diri lolos ke babak perempatifnal Coppa Italia 2020-2021 usai berhasil mengalahkan Torino pada pertandingan yang berakhir Rabu (13/1/2021) pagi WIB. Kemenangan di babak 16 besar itu baru bisa dipastikan melalui babak adu penalti lantaran pada waktu normal kedua tim sama kuat 0-0.

Pada babak adu penalti, Milan yang dapat bermain dengan tenang mampu menang dengan skor 5-4 atas Torino. Kemenangan Milan itu tak terlepas dari aksi apik sang kiper, Tatarusanu yang mampu menipis satu kesempatan tendangan penalti yang dimiliki Torino.


Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pada laga tersebut, Milan sudah diperkuat lagi oleh Zlatan Ibrahimovic. Sayangnya, meski sudah diperkuat lagi oleh pemain andalan mereka, namun Milan nyatanya masih kesulitan di babak pertama

Ibrahimovic yang sudah lama absen akhirnya kembali bermain sejak menit awal di pertandingan Milan. Sebelumn-sebelumnya, pemain asal Swedia itu mengalami cedera dan terpaksa harus absen cukup lama dari pertandingan Rossoneri.

Suasana laga Milan vs Torino

Akan tetapi, kini Ibrahimovic sudah pulih dan nyatanya sudah dipercaya sang pelatih, Stefano Pioli, untuk bermain sebagai starting line-up di laga Milan vs Torino tersebut. Diharapkan kembalinya Ibrahimovic dapat mempertajam lini Milan.

Kendati begitu, pada kenyataanya Milan justru tak terlalu banyak mendapatkan kesempatan menyerang di babak pertama kontra Torino tersebut. Kedua tim bisa dikatakan sama kuat.

Malahan secara peluang menciptakan gol, Torino sebenarnya lebih banyak mendapatkan peluang. Meski begitu, laga babak pertama pun pada akhirnya tetap berakhir sama kuat 0-0.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, baik Milan dan Torino kembali memperlihatkan pertandingan yang menarik. Kendati begitu, Milan bisa dikatakan sedikit mengambil alih jalannya pertandingan.

Sejumlah peluang pun nyatanya sukses diciptakan skuad asuhan Stefano Pioli tersebut. Namun, segala peluang emas pada akhirnya selalu berhasil dimentalkan oleh lini pertahanan Torino.

Buruknya penyelesaian akhir para pemain Milan juga menjadi alasan mengapa klub tersebut belum juga mencetak gol meski memiliki banyak peluang melesatkan bola ke gawang Torino.

Suasana laga Milan vs Torino

Kesialan pun datang ke di menit 72, di mana pemain Milan diberi kartu merah oleh wasit. Menariknya, pemain yang dapat kartu merah itu adalah Gianluigi Donnarumma yang berada di bangku cadangan.

Semua itu berawal dari protes keras yang dilakukan Donnarumma lantaran tak terima Milan tak diberi hadiah penalti usai Rafael Leao dilanggar oleh kiper Torino, Milinkovic-Savic di area kotak terlarang.

Laga pun berakhir dan dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada babak tambahan yang berjalan 30 menit yang terbagi dua itu, baik Milan dan Torino lagi-lagi terlihat sama kuat. Dua babak di waktu tambahan tak cukup untuk menyelesaikan atau menentukan siapa pemenangnya.

Alhasil laga pun harus memasuki babak adu penalti. Suasana jelang babak adu penalti pun terasa menegangkan.

Torino lantas menjadi tim yang mendapatkan kesempatan menendang pertama kali. Belotti yang menendang perdana sukses mengelabui kiper Milan, Tatarusanu usai mengarahkan bola ke sisi kanan penjaga gawang.

Suasana laga Milan vs Torino

Setelahnya, tiga pemain Torino juga sukses memasukkan bola. Ketiga pemain itu adalah Sasa Lukic, Lyanco, dan Tomas Rincon. Lalu di sisi Milan, ketiga pemain mereka, Kessie, Theo, dan Tonali juga sukses memasukkan bola.

Ketika kedudukan 3-3, Torino justru gagal menambahkan gol lantaran tendangan Tomas Rincon berhasil dihalau Tatarusanu. Sedangkan Romagnoli berhasil memasukkan bola keempat untuk Milan.

Di kesempatan kelima, Torino sukses mencetak gol dan begitu juga Milan melalui Hakan Calhanoglu. Dengan gol dari Calhanoglu, maka Milan sukses memenangi laga tersebut dengan skor 5-4 melalui babak adu penalti.

Berikut Susunan Pemain:

Milan: Tatarusanu; Kalulu, Musacchio, Romagnoli, Dalot; Calabria, Tonali; Castillejo, Brahim Diaz, Leao; Ibrahimovic

Milan bench: A Donnarumma, G Donnarumma, Calhanoglu, Conti, Hauge, Theo Hernandez, Colombo, Kessie, Michelis, Mionic, Olzer,

Torino: V Milinkovic-Savic; Bremer, Nkoulou, Buongiorno; Vojvoda, Segre, Rincon, Linetty, Ansaldi; Gojak, Zaza

Torino bench: Rosati, Ujkani, Lyanco, Izzo, Lukic, Baselli, Belotti, Rodriguez, Singo, Verdi, Murru