Quique Setien Dipecat jika Barcelona Gagal Juara Liga Champions 2019-2020


BARCELONA – Kontrak Quique Setien bersama Barcelona baru berakhir pada 30 Juni 2022. Meski begitu, bukan berarti posisi Setien sebagai pelatih Barcelona akan aman hingga kontraknya berakhir pada 30 Juni 2022.

Menurut laporan The Sun, Jumat (31/7/2020), Setien akan dipecat jika Blaugrana –julukan Barcelona– gagal menjuarai Liga Champions 2019-2020. Sekadar informasi, Liga Champions merupakan satu-satunya ajang yang bisa dimenangkan Lionel Messi dan kawan-kawan musim ini.

Setien

Sebelumnya, Barcelona hanya finis di posisi dua klasemen Liga Spanyol 2019-2020 dengan koleksi 82 angka, terpaut lima poin dari Real Madrid di tempat teratas. Kemudian di Copa del Rey, kiprah Barcelona terhenti di perempatfinal setelah tumbang 0-1 dari tuan rumah Athletic Bilbao.

Karena itu, Liga Champions menjadi harapan terakhir Barcelona untuk meraih trofi musim ini. Jika gagal memenangkan satu pun trofi mayor musim ini, Barcelona akan mengulangi hasil buruk pada 2013-2014.

Di musim tersebut, Barcelona hanya keluar sebagai juara Piala Super Spanyol. Sekadar informasi, trofi Piala Super Spanyol hanyalah gelar minor, tidak seperti Liga Spanyol, Liga Champions dan Copa del Rey yang masuk kategori mayor.

BACA JUGA: Messi Gabung Inter Milan ketika Minim Diperkuat Pemain Asal Argentina

Apes bagi Setien, ketika diwajibkan membawa Barcelona juara Liga Champions 2019-2020, skuad Blaugrana justru diserang badai cedera. Ronald Araujo, Samuel Umtiti dan Ousmane Dembele belum pulih dari cedera.

Sementara Sergio Busquets, gelandang bertubuh jangkung itu mesti menjalani hukuman akumulasi kartu. Karena itu, Barcelona saat ini hanya memiliki 14 pemain di skuad senior jelang menghadapi Napoli di leg II babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 pada 8 Agustus.

Busquets

(Busquets (kanan) absen karena mesti menjalani hukuman akumulasi kartu)

Lantas, apa langkah yang diambil Setien? Pelatih 61 tahun itu lantas memanggil sejumlah pemain muda untuk ikut berlatih ke dalam skuadnya.

Tentu harapannya ketika dibutuhkan, pemain-pemain akademi milik Barcelona dapat dimaksimalkan. Selain Ansu Fati dan Rique Puig, beberapa nama pemain muda yang mungkin disertakan di laga kontra Napoli adalah Inaki Pena, Arnau Tenas, Dani Morer, Jorge Cuenca, Oscar Mingueza, Monchu, Jandro Orellana, Ludovit Reis dan Konrad de la Fuente.

Barcelona sendiri akan menjamu Napoli di leg II babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 pada 8 Agustus 2020. Untuk lolos ke perempatfinal, Barcelona tinggal menang dengan skor berapa pun karena pada leg I, Barcelona menahan tuan rumah Napoli 1-1.