Tak Jadi Top Skor Liga Italia, Ronaldo Gagal Ukir Rekor Baru


TURIN – Penyerang bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, gagal mengukir rekor baru dalam kariernya di dunia sepakbola. Hal itu terjadi setelah Ronaldo dipastikan tak menjadi top skor di Liga Italia 2019-2020.

Ronaldo harus puas hanya bertengger di urutan kedua dalam daftar top skor Liga Italia 2019-2020 setelah tak bisa berjuang di laga pamungkas musim ini. Dalam laga Juventus vs AS Roma pada pekan ke-38 Liga Italia 2019-2020, penyerang asal Portugal itu diketahui tak dimainkan oleh sang pelatih, Maurizio Sarri.

Juventus vs AS Roma

Juventus pun akhirnya harus menelan pil pahit karena tumbang dengan skor 1-3 dari Roma pada laga yang berlangsung di Allianz Stadium, Minggu (2/8/2020) dini hari WIB itu. Gol semata wayang Juventus dicetak oleh Gonzalo Higuain pada menit kelima.

BACA JUGA: Tak Dimainkan Juventus, Cristiano Ronaldo Gagal Jadi Top Skor Liga Italia 2019-2020

Dengan kondisi ini, Ronaldo dipastikan gagal merebut status sebagai top skor di Liga Italia 2019-2020. Gelar top skor Liga Italia musim ini pun direbut oleh penggawa Lazio, yakni Ciro Immobile.

Immobile yang tampil gemilang bersama Lazio di sepanjang musim ini total bisa mencatatkan 35 gol. Penyerang asal Italia itu unggul hingga empat gol dari CR7 –julukan Ronaldo– yang total mengemas 31 gol pada musim ini.

Hasil tersebut membuat Ronaldo dipastikan gagal untuk memecahkan rekor sebagai pemain pertama yang menjadi top skor di tiga liga top Eropa. Sebelum membela Juventus, Ronaldo diketahui sudah menyandang status sebagai top skor di dua liga top lainnya di Eropa, yakni Liga Inggris dan Liga Spanyol.

Sejauh ini, pemain yang bisa menjadi top skor di tiga liga Eropa adalah Ruud van Nistelrooy dan Luis Suarez. Mereka menjadi top skor di Liga Belanda, Liga Inggris, dan Liga Spanyol. Tetapi, Liga Belanda diketahui tak menjadi salah satu dari lima liga top Eropa. Karena itu, rekor tersebut pun belum dipecahkan sejauh ini.

Musim lalu, Ronaldo juga gagal menyegel status top skor di Liga Italia. Mantan pemain Real Madrid itu hanya bisa berada di urutan keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Italia 2018-2019 setelah mencetak 21 gol.

Cristiano Ronaldo

Meski gagal mencetak rekor secara pribadi, Ronaldo tetap sukses mengantarkan timnya meraih kejayaan di Liga Italia 2019-2020. Musim ini, Bianconeri –julukan Juventus– memastikan diri menjadi juara.  

Kepastian itu didapat setelah Juventus mengalahkan Sampdoria dengan skor 2-0 pada pekan ke-36 Liga Italia 2019-2020. Kesuksesan ini membuat Juventus berhasil merebut sembilan gelar juara beruntun di Liga Italia.