Melchiot: De Ligt Gabung Juve karena Ingin Juara Liga Champions


AMSTERDAM – Mario Melchiot coba memberikan penjelasan di balik keputusan Matthijs de Ligt menerima tawaran bergabung dengan Juventus pada jendela transfer musim panas 2019. Melchiot yakin De Ligt memilih Juve karena klub itu memiliki obsesi paling besar untuk bisa menjuarai Liga Champions musim 2019-2020.

Sebagaimana diketahui, saga transfer De Ligt yang mewarnai berlangsung sepanjang musim panas 2019 memang akhirnya berakhir. Ya, pemain bertahan Timnas Belanda tersebut akhirnya memilih bergabung dengan Juve.

Matthijs de Ligt

Untuk mendapatkan jasa De Ligt dari Ajax Amsterdam, Juve harus membayarkan nilai transfer yang mencapai 85 juta euro atau sekira Rp1,32 triliun. Tak hanya itu, Juve juga harus bersaing dengan sejumlah klub papan atas seperti Manchester United, Liverpool, Paris Saint-Germain (PSG), hingga Barca untuk mendapatkan tanda tangan De Ligt.

Baca Juga: Dapat Banyak Kritik, De Ligt Janji Kerja Keras di Juventus

Keputusan De Ligt akhirnya memilih untuk gabung Juve sendiri memang sempat memunculkan beragam spekulasi. Namun dalam benak Melchiot, ia yakin De Ligt memilih Juve karena Bianconeri –julukan Juve– adalah klub paling berambisi untuk bisa memenangkan gelar Liga Champions.

“Sepakbola Italia selalu melihat kepada pemain bertahan. Di Italia, mereka menghormati bek. Sepakbola Italia sudah kembali seperti dulu. Bintang besar bermain di sana. Saya merasa Juventus adalah kandidat terkuat untuk menjuarai Liga Champions,” ucap Melchiot, seperti disadur dari Goal, Rabu (4/9/2019).

Matthijs de Ligt

“Tidak mudah untuk memenangkan delapan gelar berturut-turut. De Ligt berada di tim bintang. Dia bermain seperti ini selama bertahun-tahun. Dia selalu memiliki itu. Man United? Itu adalah klub yang mungkin belum stabil. Mereka tengah membangun ulang,” sambungnya.

Baca Juga: Pelatih Timnas Belanda Pertanyakan Posisi De Ligt di Juventus

“Barca? Mereka pun sedang melalui perubahan dan mereka tidak dianggap sukses jika tak mencapai final Liga Champions. Juventus terlihat paling dekat dan mungkin punya peluang terbaik untuk menjuarainya musim ini. Itu adalah pilihannya,” tutup mantan pemain Chelsea tersebut.