Final Liga Champions 2020-2021, Joe Cole: Chelsea Akan Deg-degan


PORTO – Mantan pemain Chelsea, Joe Cole, menyatakan para pemain The Blues -julukan Chelsea- akan merasa deg-degan jelang pertandingan final Liga Champions 2020-2021. Dia pun meminta para pemain Chelsea untuk mengatasi perasaan itu dengan baik saat melawan Manchester City.

Final Liga Champions musim ini mempertemukan dua tim besar Inggris, Chelsea dengan Man City, di Stadion do Dragao, Porto, Portugal, pada hari ini, Minggu (30/5/2021), dini hari WIB. Pertandingan itu sangat penting bagi Chelsea yang performanya naik-turun pada musim ini.

Manchester City vs Chelsea (Reuters)

Sebagaimana diketahui, Chelsea memulai musim ini dengan status unggulan di setiap kompetisi yang mereka ikuti. Akan tetapi, seiring waktu berjalan, The Blues justru tidak tampil seperti tim unggulan.

Performa buruk Chelsea berujung pada pemecatan Frank Lampard dari jabatannya sebagai Pelatih pada pertengahan musim. Klub pun menunjuk mantan pelatih Paris Saint-Germain (PSG), Thomas Tuchel, sebagai pengganti Lampard.

BACA JUGA: Tampil di Ligue 2 2013, Kini Riyad Mahrez dan NGolo Kante Bersaing di Final Liga Champions

Tuchel membangkitkan Chelsea pada paruh kedua musim ini. Tuchel membawa Chelsea finis di posisi empat pada klasemen akhir Liga Inggris.

BACA JUGA: Dari 50 Pemain Manchester City dan Chelsea, Cuma 1 yang Pernah Juara Liga Champions

Chelsea bahkan hampir menjadi juara Piala FA jika tidak dikalahkan Leicester City pada partai puncak. Kini, kesempatan terakhir Chelsea untuk meraih trofi ada di Liga Champions. Oleh sebab itu, pertandingan final kontra Man City begitu penting untuk Chelsea.

Tekanan untuk menang akan menimbulkan rasa gugup bagi semua pemain Chelsea. Cole, yang main saat Chelsea kalah dari Manchester United di final Liga Champions 2007-2008, memahami hal itu.

Cole pun meminta para pemain Chelsea untuk menyalurkan rasa deg-degan itu ke penampilan apik di atas lapangan. Itu adalah cara terbaik untuk mengatasi rasa deg-degan, menurut Cole.

Manchester City vs Chelsea (Reuters)

“Para pemain akan merasakan deg-degan menjelang pertandingan, tetapi pada akhirnya mereka harus menjadi pesepakbola profesional dan hanya mencoba dan menyalurkannya (rasa deg-degan ke penampilan dalam pertandingan) seperti biasa, mempersiapkan dengan cara serupa seperti yang telah mereka lakukan sepanjang musim,” kata Cole, dikutip dari laman resmi Chelsea, Minggu (30/5/2021).

Jika bisa mengalahkan Man City, Chelsea akan meraih trofi Liga Champions kedua mereka. Sekadar informasi, Chelsea menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya pada musim 2011-2012 bersama Roberto Di Matteo.