Protes Keras Demba Ba di Laga PSG vs Istanbul Basaksehir Dipuji Netizen


PARIS – Laga matchday pamungkas Grup H Liga Champions 2020-2021 antara Paris Saint-Germain (PSG) melawan Istanbul Basaksehir berujung ditunda karena ada aksi protes rasial yang dilakukan oleh pihak tim tamu. Terutama protes keras itu datang dari penggawa Istanbul, yakni Demba Ba.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Parc des Princes, Rabu (9/12/2020) dini hari WIB itu, laga awalnya sempat berjalan seperti biasa. Namun, tiba-tiba di menit ke-13 ada insiden yang terjadi di pinggir lapangan yang melibatkan Pierre Webo, asisten manajer Istanbul, dengan wasit keempat di laga tersebut, yakni Sebastian Coltescu.


Webo yang dikeluarkan dari lapangan, menuduh ofisial keempat melakukan pelecehan rasisme kepadanya. Rekaman dari insiden tersebut tampaknya menunjukkan seseorang menyebut ‘negro’ kepada Webo.

Baca Juga: Demi Kalahkan Shakhtar, Inter Akan Tampil 110%

Protes keras Demba Ba di laga PSG vs Istanbul

Mendengar ada yang melakukan perkataan rasial, apalagi tindakan tersebut tertuju kepada timnya, Ba pun langsung mencoba membawa Webo. Ba mengkonfrontasi Coltescu atas komentarnya terhadap Webo. Demba Ba pun kemudian menginstruksikan pemain lain untuk keluar lapangan dan tak melanjutkan permainan.

Sempat ada aksi Ba yang mempertanyakan kepada Coltescu mengapa ia memanggil orang lain yang berkulit hitam dengan panggilan si kulit hitam dan bukan menyebutkan namanya atau memanggil seperti biasa.

Ba mengaku tak pernah mendengar orang berkulit putih dipanggil si kulit putih. Perlakuan yang membeda-bedakan itulah yang pada akhirnya membuat Ba kesal dengan para pelaku tindakan rasial, seperti yang dilakukan Coltescu.

“Anda tidak pernah menyebut pria kulit putih dengan pria kulit putih ini. Jadi, mengapa saat Anda menyebut pria kulit hitam, Anda harus mengatakan pria kulit hitam ini,” kata Demba Ba, seperti dikutip Independent, Rabu (9/12/2020).

Protes keras Ba itu lantas membuat laga akhirnya benar-benar ditunda. PSG vs Istanbul pun bakal bertarung kembali di lokasi yang sama dan dimulai pada Kamis 10 Desember 2020 pukul 00.55 WIB.

Protes keras Demba Ba di laga PSG vs Istanbul

Tindakan Ba yang mengajak para pemain Instanbul keluar dari lapangan dan protesnya kerasnya telah membuat laga yang harusnya bisa berakhir dengan cepat kini harus dimulai ulang esok hari. Namun, perlakuan Ba itu tak diprotes sama sekali oleh para netizen.

Para netizen di media sosial justru sangat mendukung aksi Ba yang melakukan protes kerap terhadap wasit keempat di laga tersebut. Alhasil, nama Demba Ba pun langsung menjadi trending topic di twitter.