Rapor Simon McMenemy Bersama Timnas Indonesia: Pelatih Terburuk dalam 10 Tahun Terakhir

[ad_1]

Onlinefitnessprofits.com, Jakarta – Simon McMenemy menjadi tempat tumpahan kekecewaan suporter Timnas Indonesia setelah menelan kekalahan 0-3 dari Thailand, Selasa (10/9/2019). Ada beberapa pihak yang menilai pelatih asal Skotlandia itu sudah tidak layak lagi menukangi Alberto Goncalves dkk.

Kekecewaan menjadi situasi yang wajar ditumpahkan suporter Timnas Indonesia. Apalagi kekalahan dari Thailand itu hanya berselang lima hari setelah Timnas Indonesia dibungkam Malaysia dengan skor 2-3. 

Dua pertandingan itu dimainkan di stadion kebanggaan Indonesia, Gelora Bung Karno.

Tren negatif pada dua laga putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia membuat masyarakat murka. Simon McMenemy menjadi target kekecewaan, terbukti dengan adanya umpatan ‘Simon Out’ saat laga menjamu Thailand.

Sejak ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada awal 2019, masyarakat merasa Simon McMenemy membawa secercah harapan. Latar belakang Simon, yang pernah sukses bersama Bhayangkara FC, dianggap sudah cukup untuk membantu pasukan Merah-Putih kembali berjaya di Asia Tenggara.

Dalam debutnya sebagai pelatih Timnas Indonesia, Simon berhasil mempersembahkan kemenangan 2-0 atas Myanmar pada laga uji coba di Mandalay, 25 Maret 2019.

Simon kemudian menaikkan level permainan ketika memilih Yordania sebagai lawan dalam uji coba. Namun, Yordania menunjukkan kualitas di atas Timnas Indonesia dengan kemenangan 4-1, 11 Juni 2019.

Simon kemudian mengadakan laga uji coba melawan Vanuatu, tim yang secara kualitas di bawah Timnas Indonesia. Entah apa alasan Simon ketika itu memilih Vanuatu sebagai laga dalam uji tanding pada 15 Juni 2019.

Pemain Thailand merayakan gol yang dicetak oleh Supachok Sarachat ke gawang Indonesia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Selasa (10/9). Indonesia takluk 0-3 dari Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Belakangan terungkap kalau pelatih Vanuatu ketika itu, Paul Munster, memiliki kedekatan dengan Simon karena sama-sama berasal dari Britania Raya. Simon dari Skotlandia, sedangkan Paul Munster dari Irlandia Utara.

Timnas Indonesia dibuat seakan digdaya berkat kemenangan 6-0 atas Vanuatu. Sejak saat itu, harapan masyarakat akan kebangkitan Timnas Indonesia di bawah asuhan Simon makin bertambah.

Namun, pada ajang sesungguhnya bertajuk kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Timnas Indonesia kehilangan taring. Timnas Indonesia asuhan Simon McMenemy itu hanya mampu bermain indah selama 45 menit.

Setelah itu, Timnas Indonesia kehilangan arah karena pemain terlihat kelelahan. Hal itu dibuktikan ketika melawan Malaysia dan Thailand. Pada babak pertama melawan Malaysia, Timnas Indonesia mampu unggul 2-1 dan akhirnya menyerah 2-3 saat peluit panjang.

Begitu pula ketika menjamu Thailand. Timnas Indonesia berhasil menjaga kesucian gawang dari kebobolan pada 45 menit pertama, namun setelahnya gawang Andritany Ardhiyasa harus kebobolan tiga gol beruntun hingga mengakui kekalahan 0-3.

Secara keseluruhan, Timnas Indonesia asuhan Simon McMenemy sejauh ini hanya mampu meraih dua kemenangan dari lima laga. Adapun sisanya Tim Garuda harus menelan tiga kekalahan dengan perincian 11 kali memasukkan dan 10 kali kebobolan.

[ad_2]